Pelayanan

1. PERIZINAN

SURAT PINDAH
Dalam satu Desa/Kelurahan

Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah dengan formulir model F-1.08;
Melampirkan KK dan KTP;
Kepala Desa/Lurah menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang atas nama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
Antar Desa/Kelurahan dalam satu Kecamatan

Ditempat Asal :
Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah dengan formulir model F-1.08;
Melampirkan KK dan KTP;
Kepala Desa/Lurah mengetahui dan membubuhkan tandatangan.
Ditempat tujuan :
Penduduk melaporkan kedatangan kepada Kepala Desa/Lurah tempat tujuan dengan menunjukkan Surat Keterangan Pindah dari tempat asal;
Mengisi dan menandatangani formulir pindah datang;
Kepala Desa/Lurah menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang.
Antar Kecamatan dalam Kabupaten

Ditempat asal :
Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah dengan formulir model F-1.08;
Melampirkan KK dan KTP;
Kepala Desa/Lurah mengetahui dan membubuhkan tandatangan.
Camat menandatangani surat keterangan pindah atas nama kepala Dinas.
Ditempat tujuan :
Penduduk melaporkan kedatangannya kepada Kepala Desa/Lurah tempat tujuan dengan menunjukkan Surat Keterangan Pindah dari tempat asal;
Mengisi dan menandatangani formulir pindah datang;
Kepala Desa/Lurah menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang dan meneruskan formulir permohonan pindah datang kepada Camat;
Camat menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang atas nama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan menembuskan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;
Dinas Kependudukan Catatan Sipil melakukan penarikan terhadap KK dan KTP yang bersangkutan untuk diadakan pergantian sesuai dengan tempat domisili yang baru.
Antar Kabupaten /Propinsi

Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah;
Melampirkan KK dan KTP;
Kepala Desa/Lurah dan Camat menandatangani formulir permohonan pindah sebagai dasar penerbitan Surat Keterangan Pindah oleh Kepala Dinas.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menerbitkan Surat Keterangan Pindah serta menyerahkan kepada penduduk.
Catatan : Masa berlaku Surat Keterangan Pindah selama 30 hari sejak diterbitkan dari daerah asal.

2. KEPENDUDUKAN
Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Kartu Keluarga wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya.

3. SURAT MENYURAT
Selain administrasi dalam bentuk manajemen data dan informasi, Kantor Desa Batuan juga memberikan layanan kepada masyarakat melalui administrasi surat menyurat diantaranya:
a. Surat Pernyataan
Surat yang berisi pernyataan seseorang (Warga Desa) dan diketahui oleh Kepala Desa yang bersangkutan
Syarat: Menunjukkan dokumen kependudukan (KK atau KTP)

b. Surat Keterangan
Surat yang berisikan keterangan mengenai sebuah peristiwa maupun kondisi tertentu yang menyangkut kepada seseorang (warga desa) seperti:
Keterangan Penduduk
Keterangan Usaha
Keterangan Pindah
Keterangan Kematian
Keterangan Ahli Waris
Keterangan Berkelakuan Baik
Keterangan Tidak Mampu
Keterangan Tanah
Keterangan Domisili
Keterangan dll
Syarat: Menunjukkan Dokumen Kependudukan (KK atau KTP)

c. Surat Pengantar/Rekomendasi
Pengantar Kades Untuk Pengurusan Dokumen Kependudukan seperti KK, KTP, maupun Akta Kelahiran
Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Kredit di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)
Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Dana Pensiun seperti Surat Pengesahan Tanda Bukti Diri (SPTB) yang memerlukan tanda tangan Lurah
Rekomendasi Kades Untuk Pengurusan Akta Nikah (NA)
Surat-Surat Lain yang memerlukan tanda tangan Kades dan berfungsi sebagai pengantar untuk pengurusan urusan-urusan tertentu
Syarat: Memenuhi segala persyaratan administratif urusan yang dimaksud.