Visi dan Misi

VISI PEMBANGUNAN DESA
Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang di inginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. penyusunan Visi Desa Batuan ini dilakukan dengan pendekatan partsipatif, meilibatkan pihak–pihak yang berkepentingan di Desa Batuan seperti Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan masyarakat Desa pada umumnya. pembangunan kondisi eksternal di Desa seperti satuan kerja wilayah pembagunan di Kecamatan Sukawati mempunyai titik berat di sektor Pertanian dan Pariwisata.
Maka berdasarkan pertimbangan diatas visi Desa Batuan adalah :

TERWUJUDNYA DESA BATUAN YANG AMAN, TERTIB DAMAI DAN SEJAHTERA MENUJU PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN BERLANDASKAN TRI HITA KARANA.

MISI DESA
Selain penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi – misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya Visi Desa tersebut. Visi berada diatas Misi. pernyataan Visi kemudian di jabarkan kedalam Misi agar dapat di oprasionalkan / di kerjakan. sebagaimana penyusunan visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Batuan sebagai mana proses yang dilakukan.

Maka Misi Desa Batuan adalah :

Mewujudkan Pemerintah Desa Batuan yang efektif dan efisien dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.
1. Meningkatkan derajat hidup masyarakat melalui upaya peningkatan pelayanan kesehatan Desa.
2. Mengembangkan sektor pertanian dan sektor usaha industri kecil yang berwawasan lingkungan.
3. Mengembangkan pentingnya meningkatan sumber daya manusia melalui dukungan program Wajib Belajar 9 Tahun.
4. Menghidupkan dan meningkatkan kembali kegiatan lembaga – lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa.