Pura Puseh Desa Batuan

Pura Puseh Desa Batuan

Pura Puseh lan Desa atau lebih sering disebut Pura Desa saja adalah salah satu tempat unik yang masih terdapat di dalam kawasan Desa Adat Batuan di Dusun Tengah, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura Puseh desa ini terletak di bagian utara pemukiman penduduk atau di bagian hulu yang berbatasan yaitu: bagian utara Sekolah Dasar No. 4 Batuan, di sebelah timur pemukiman penduduk dan Pura Lumbung, di sebelah selatan terdapat jalan raya yang menghubungkan Desa Batuan dengan Desa Singapadu dan desa lainnya, sedangkan di sebelah selatan jalan raya terdapat Bale Wantilan untuk kegiatan yang berkaitan dengan Pura Puseh Desa Batuan dan pementasan kesenian. Disebelah barat pura terdapat sebuah bangunan yang dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pura tersebut. tidak jauh dari lokasi Pura Puseh kurang lebih 100 meter kearah barat terdapat Sungai Bakang yang merupakan anak dari Sungai Oos, sedangkan di sebelah timur pura mengalir Sungai Batuan anak dari Sungai Petanu. Pura Puseh Desa batuan ini merupakan salah satu pura tertua yang ada di Bali yang dibangun pada 944 Ḉaka atau 1022 Masehi.

Ornamen bangunan pura sangat kental dengan hiasan seni ukir Bali dengan bahan dasar terbuat dari batu bata merah baik itu pintu gerbangnya dan candi bentar menuju bagian dalam pura, bentuk fisik bangunan terlihat sudah berumur tapi masih kokoh dengan ciri kekunaannya sebagai saksi bisu sejarah. Pura Puseh Batuan merupakan bagian dari Kahyangan Tiga yang lazim dimiliki oleh setiap desa pekraman di Bali, dibagian halaman tengah terdapat Bale Agung, Bale Kulkul dan sebuah kori Agung yang memang terlihat begitu agung berdiri sebagai tempat pintu keluar masuk paara dewa, seperti pretima yaitu benda sakral berupa patung kecil sebagai simbol Dewa sesuhunan disini. Kori Agung ini diapit beberapa patung raksasa disimbolkan sebagai penjaga. Dan disamping kiri dan kanan kori Agung diapit oleh 2 pintu kecil sebagai keluar masuknya umat untuk sembahyang di halaman utama pura. Pada Halama utama terdapat berbagai pelinggih seperti meru dan padmasana, berfungsi sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widhi.

      Jaba Dauh Pura Desa Batuan

Selain memiliki nuansa dan getaran spiritual yang tinggi, Pura Puseh Batuan ini juga memiliki catatan sejarah yang cukup panjang, karena di dalam Pura Puseh Batuan ini terdapat peninggalan purbakala berasal dari masa prasejarah. Peninggalan purbakala dapat kita jumpai pada sebuah bangunan yg terletak paling belakang pada areal Pura.