Program Unggulan Desa Batuan

Pembangunan di Desa Batuan dilaksanakan dalam rangka memberikan dampak luas  bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pembangunan tersebut meliputi peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan, penanggulangan kemiskinan, dan pengurangan pengangguran, peningkatan infrastruktur, tata lingkungan dan penanggulangan bencana, peningkatan pertanian dan penguatan ketahanan pangan, peningkatan kreatifitas inovasi, teknologi, industry kecil, pariwisata, kebudayaan, investasi, koperasi dan UKM, peningkatan pelayanan public, serta peningkatan ketentraman dan ketertiban umum.

Prioritas Pembangunan daerah yang dilaksanakan tahun 2015 dan 2016 adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang diarahkan terutama pada bidang pertanian dalam arti luas, pendidikan dan kesehatan sebagai pemenuh pelayanan dasar terhdap kebutuhan hidup manusia. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, diprioritaskan kepada upaya pemberdayaan masyarakat miskin atau meningkatkan taraf hidup penduduk miskin, serta pemulihan kondisi sosial ekonomi sebagai prioritas utama pembangunan daerah. Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga mencakup aspek pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan, kesempatan untuk bekerja dan memperoleh pendapatan serta peluang untuk berpartisipasi yang di dukung infrastruktur yang memadai.

Dari berbagai prioritas disebut diatas akan dapat terwujud jika didukung dengan anggaran yang memadai serta dapat terealisasi sesuai dengan target yang ditetapkan. Tingkat serapan anggaran yang rendah mencerminkan lambannya pelaksanaan kegiatan/program yang telah dicanangkan, Percepatan Pembangunan khususnya dibidang infrastruktur akan sangat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Masyarakat yang cerdas, masyarakat yang sehat dan terpenuhi segala kebutuhan ekonominya adalah 3 ktitria yang harus dipenuhi untuk dapat menyatakan negara itu sejahtera. Begitu pula halnya di sebuah Desa. Maka dari itu untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke empat, pemerintah desa batuan mengalokasikan dana yang telah dianggarkan sebelumnya di berbagai bidang, seperti dalam Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi, Bidang Pembangunan dan di Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tertuang dalam program – program kerja Pemerintahan Desa Batuan sesuai dengan apa yang dianggarkan dalam APBDes. Alokasi dana Pemerintah Desa Batuan adalah untuk :

  • Pemberdayaan masyarakat :
  1. Di Bidang Pendidikan, seperti Pelaksanaan Les untuk anak – anak kelas VI se-Desa Batuan, dan pelaksanaan Les Melukis Gaya Bayuan untuk anak – anak SD.
  2. Di Bidang Kesehatan seperti Posyandu plus termasuk setiap bulan memberikan pemeriksaaan, memberikan Bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada anak-anak Balita, Memberikan layanan pemeriksaan gratis 45 anak-anak dari KK tidak mampu, dan 8 anak berkebutuhan khusus, pengobatan rutin setiap bulan dan senam kepala lanjut usia, Mengadakan Gotong royong Jumat Bersih ke masing-masing Banjar yang ada di desa Batuan, dan mengadakan survei PSN (Pemberantasan sarang Nyamuk) ke Rumah – rumah oleh Tim Jumantik yang ada di tiap-tiap Banjar setiap bulannya.
  3. Di Bidang Seni dan Budaya seperti Pelatihan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), pelatihan Sekaa Gong PKK, dan Pesraman Budi Pekerti di 4 Desa Pekraman
  • Pembinaan Kemasyarakatan meliputi pembinaan organisasi perempuan (PKK), Pembinaan tim Jumantik untuk pemberantasan sarang nyamuk, penguatan organisasi sekaa teruna, dan sidak penduduk pendatang.
  • Pembangunan meliputi Pavingisasi, Pengaspalan Jalan, Bedah Rumah, Perbaikan Kualitas Perumahan, Pembuatan jamban, Perbaikan Saluran Irigasi Subak, Penataan Lingkungan, Perbaikan Penyengker dll.
  • Ekonomi meliputi Budi daya Jamur yang berlokasi di Br. Gede, Kelompok Ternak Babi di Br. Gerih, Kelompok Tani Simantri yang berlokasi di Br. Lantangidung, Kelompok Gapotan yang berlokasi di Br. Peninjoan sudah Berkembang di bawah Pengurus Pekaseh – pekaseh yang ada di Desa Batuan  Ketuanya I Wayan Gatra, Kelompok Kecakapan Khusus di bidang kerajinan Ukiran yang berlokasi di Br. Jeleka.
  • Pertahanan dan Keamanan meliputi Patroli Linmas dan sidak penduduk pendatang.