Penetapan Kadus/Kelian Banjar Jeleka dan Kadus/Kelian Banjar Tengah

Masa Jabatan Kelian Banjar Dinas Jeleka telah berakhir, Hari ini, Senin pada tanggal 04 Juni 2018 diadakan acara Penyerahan SK untuk kelian Banjar Dinas Jeleka yang baru dijabat oleh I Kadek Gunarta, lahir di Gianyar pada tanggal 28 April 1978 menggantikan pendahulunya Bapak I Wayan Darma yang sudah menjabat sebelumnya selama 6 tahun mulai dari tahun 2012 sampai 2018.

Di Indonesia, Kepala dusun atau di Bali lebih dikenal dengan sebutan Kelian Dinas adalah orang yang mengetuai sebuah Dusun atau Banjar, satu wilayah di bawah Desa. Satu desa biasanya terdiri dari beberapa dusun dan dusun terdiri dari beberapa RW dan RT. Seorang kadus juga merupakan perangkat desa. Masa jabatan seorang kadus ditentukan oleh umur, apabila seorang kadus telah berusia 60 tahun maka masa jabatannya habis, mengikuti sistem pemerintahan yang ada di Indonesia saat ini.

Berdasarkan perda memuat tentang kebijakan baru mengenai masa jabatan perangkat desa akan diperpanjang Hingga Usia 60 tahun yang mengacu pada surat edaran 40/604/BPD/2016 dari Dirjen BPD Kemendagri. Di pasal 28 surat itu ada dua ayat, pertama perangkat desa yang telah menyelesaikan masa jabatan 20 tahun bisa diangkat lagi, dan kedua pengangkatan diatur dalam peraturan bupati. Menurut surat tersebut, masa jabatan perangkat desa yang sudah menyelesaikan masa jabatan selama 20 tahun dan belum berusia 60 tahun, diperpanjang hingga mencapai batas usia.

Selain itu, ditetapkan juga Bapak I Nyoman Sukartha, S.Sn sebagai Kelian Banjar Dinas Tengah. Ini merupakan kali keduanya beliau dipercayakan kembali oleh warganya menjabat sebagai kelian dinas dimana sebelumnya telah menyelesaikan satu periode masa jabatannya selama 6 tahun. Jadi sesuai dengan peraturan, untuk penetapan beliau kali ini tentunya akan ditetapkan hingga batas usia 60 tahun barulah dapat digantikan. Namun ada juga indikasi jika kedepannya merasa tidak sanggup dalam mengemban tugas sebelum masa jabatan berakhir, dapat mengajukan pengunduran diri dengan alasan yang dapat diterima seperti menderita suatu penyakit, berhalangan tetap, cacat hukum, dan atau meninggal dunia.

Seperti biasa diawali dengan persembahyangan bersama. Acara dibuka pada pukul 09.00 WITA oleh Bapak Perbekel Desa Batuan, I Nyoman Netra dan dihadiri oleh Bapak Camat Sukawati, Anak Agung Gede Putrawan, S.Sos, M.Si, Ketua BPD, I Wayan Surat, SH, Ketua LPM, Drs. I Wayan Tekha, Bimas dan Babinsa Desa batuan beserta seluruh kelian dinas dan para ketua PKK masing – masing banjar, juga menghadirkan warga Banjar Jeleka dan Banjar Tengah sebagai saksi.

Penandatanganan SK

Penyerahan SK