Demonstrasi Melukis Gaya batuan oleh anak – anak binaan Kelompok Baturulangun Desa Batuan, Sukawati dalam acara pameran di Art Center Denpasar

Lukisan Gaya Batuan merupakan sebuah ciri khas dari Desa Batuan. Terdapat sebuah komunitas pelukis yang khusus mengembangkan dan pelestarikan tradisi melukis Gaya Batuan tersebut adalah Kelompok Melukis Baturulangun yang diketuai oleh I Ketut Sadia. Banyak hal dilakukan untuk melestarikannya. Mulai dari membimbing anak – anak  dari usia dini yang dilakukan di setiap sekolah – sekolah dasar sebagai mata pelajaran muatan lokal,  bekerja sama dengan Pemerintahan Desa menyelenggarakan les gratis di Kantor Desa, Mengadakan pameran – pameran dan juga workshop.

Kali ini, bertajuk “Endih Baturan”, para pelukis Baturulangun mengadakan pameran di gedung Kriya, Art Center Denpasar. Menampilkan berbagai jenis lukisan lebih dari 30 pelukis yang tergabung. Disamping itu juga menampilkan lukisan – lukisan karya anak – anak batuan binaan Baturulangun. Pameran ini sekaligus memeriahkan Pesta Kesenian Bali tahun ini.

Pagi hari ini, Minggu, tanggal 8 Juli 2018 diselenggarakan Workshop dan demo melukis gaya batuan oleh anak – anak binaan baturulangun bertempat di depan gedung Kriya, Art Center. Kami mendatangkan anak – anak peserta les di Desa untuk memeriahkan, mendemonstrasikannya ke para pengunjung yang datang bahkan mengundang anak – anak untuk saat itu siapa saja yang ingin belajar melukis dan sudah disiapkan peralatannya.