Posyandu Plus Lansia dan Balita Batuan 2018

Posyandu kali ini ramai sekali. Dihadiri juga oleh ibu dan bapak Dosen dari poltekes denpasar jurusan keperawatan akan mengisinya dengan penyuluhan kesehatan tentang perawatan kaki menyeluruh bagi para lansia, sehubungan dengan Prolasia dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh salah satu Dosen mereka di Desa Batuan.

Disamping itu hadir pula petugas puskesmas yang biasa memberikan pelatihan senam bagi ibu – ibu hamil yang biasa dilakukan di kantor desa sebulan sekali dan kebetulan jadwal bulan ini bertepatan dengan jadwal posyandu plus Desa Batuan.

Seperti biasa para kader – kader posyandu telah siap bertugas dari pukul 08.00 wita melayani dari proses pendaftaran, pemeriksaan, hingga membagikan PMT. Kader – kader tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Kader Posyandu Balita sebanyak 5 orang, Kader Posyandu Posbindu / Pralansia sebanyak 5 orang dan Kader Posyandu Lansia sebanyak 5 orang. Masing – masing menjalankan tugas dan perannya. Hadir juga Dokter dari Puskesmas I Sukawati beserta Bidan dan Perawat juga dari Pustu Batuan. Sebanyak 45 Orang Balita, 34 orang pralansia dan 50 orang lansia dilayani dan pemeriksaan secara gratis.

Program ini memang merupakan program rutin yang dilakukan setiap bulan sekali oleh Pemerintah Desa Batuan terutamanya bagi KK miskin yang ada di Batuan. Tentunya program ini gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali karena didanai oleh pemerintahan pusat yang pendanannya dari Dana Desa.