Visi dan Misi

24 Agustus 2016
Administrator
Dibaca 35 Kali
Visi dan Misi

VISI

Visi adalah suatu gambaran tentang perencanaan keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Batuan ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Batuan seperti Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Masyarakat Desa dan Masyarakat Desa pada umumnya.

Visi Desa Batuan adalah:

“PRAJAHITA ANANTA WINANGUN BATUAN”

Berkolaborasi Membangun Desa Batuan yang Hebat dan Sejahtera

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai dibanding dengan kondisi yang ada saat sebelumnya. Melalui rumusan Visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

 

MISI

Misi merupakan turunan/penjabaran dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa jabatan Perbekel .

Untuk meraih Visi desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan aspek masalah dan potensi yang ada di desa yang berdasarkan Potret Desa, Kalender Musim dan Kelembagaan Desa maka disusunlah Misi desa  sebagai berikut :

  1. Penguatan Persatuan dan Kesatuan Desa Batuan.
  2. Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Desa.
  3. Kolaborasi Pengelolaan Sampah dan Lingkungan Hidup Desa Batuan.
  4. Jaminan Urusan Administrasi Kesehatan Masyarakat.
  5. Jaminan Pengelolaan Pendidikan Dasar di Desa Batuan.
  6. Pengembangan Desa Kreatif Berbasis Budaya, Kepemudaan dan Ekonomi Kreatif.
  7. Pengembangan Pariwisata Inclusif dan Terbarukan.
  8. Penguatan Kerjasanma dengan Desa Adat dan Lembaga Keuangan Desa Adat.
  9. Pengembangan Desa Digital dan Penguatan Bumdes Desa Batuan.
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image