Berita Desa

Wujudkan ISG, BRI Ajak Desa Batuan untuk Menanam Pohon Bersama

13 September 2023
NI PUTU DIAN MANIKA
Dibaca 52 Kali
Wujudkan ISG, BRI Ajak Desa Batuan untuk Menanam Pohon Bersama

Menjadi salah satu desa BRILian dari 1.800 desa lainnya di Indonesia membuat desa Batuan berkesempatan mendapatkan binaan desa dari Bank Rakyat Indonesia. Kembali hadir, desa Batuan melaksanakan program BRI Menanam untuk yang kedua kalinya dalam rangka implementasi kepedulian terhadap lingkungan.

Mengusung tema “Hijau Lingkunganku, Tumbuh Kuat Negeriku”, Desa Batuan melaksanakan kembali BRI Menanam untuk kedua kalinya bersama Unit BRI Kecamatan Sukawati, Gianyar. acara yang diselenggarakan pada Jumat, 8 September 2023 ini juga bertempat di Puspa Aman Desa Batuan dan TPS3R. Tentunya kegiatan ini disambut dengan penuh antusias oleh para pihak yang terlibat didalamnya.  Acara yang dihadiri kurang lebih 30 orang tersebut tentunya juga dihadiri oleh beberapa pemangku kepentingan desa Batuan serta BRI, seperti Ari Anggara selaku Kepala Perbekel Batuan, Gede Cahyadi Putro selaku Wakil Manajer Bisnis Mikro BRI, Kepala BPD Batuan, Ibu Ketua Badan Usaha Milik Desa Batuan, BABINSA, Kadus, serta para jajaran staff Perbekel desa Batuan.

Acara - Sesi pembukaan kegiatan BRI menanam bersama desa Batuan

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh pihak BRI dilatarbelakangi oleh fenomena iklim global yang mempengaruhi perubahan cuaca secara drastis atau yang dikenal sebagai fenomena el nino. Fenomena tersebut mengakibatkan perubahan cuaca yang begitu ekstrim akhir-akhir ini. “Ada perubahan cuaca yang begitu tidak baik, panas, dingin, tidak menentu. Sehingga ada beberapa faktor lingkungan yang perlu diantisipasi, ya salah satunya adalah dengan cara melakukan penanaman”, ucap Pak Dewa Wedana selaku salah satu perwakilan dari BRI.


Melihat situasi tersebut, BRI sebagai salah satu perusahaan besar milik pemerintah menunjukkan kepeduliannya melalui program BRI Menanam sekaligus juga merealisasikan program Improvement Social Governance (ISG). Program tersebut merujuk pada penanaman pohon yang selain menghijaukan kembali bumi, juga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat. Selaras dengan konsep Puspa Aman Desa Batuan, kegiatan dari BRI ini sekaligus menumbuhkan ide untuk sadar dan lebih peduli untuk menanam pohon mandiri.

Menanam - Penanaman pohon pertama yang dilakukan oleh Pak Ari selaku Perbekel desa Batuan

Beliau juga berharap dengan kegiatan yang berkelanjutan ini, maka penanaman konsep untuk menanam tumbuhan sendiri di rumah masing-masing akan dapat segera disebarluaskan. Selaras dengan sambutan yang disampaikan oleh bapak Ari Anggara, dirinya mengatakan bahwa jika saja di setiap rumah ditanam dua sampai empat pohon cabai, pastinya paceklik harga dapat dihindari. Melalui kegiatan ini pula, Puspa Aman ingin dikenalkan pada masyarakat dan juga turis sebagai tempat menyemai bibit dari tumbuhan-tumbuhan yang bermanfaat yang kemudian bibitnya dapat dibagikan dan ditanam kembali oleh setiap masyarakat. Kegiatan BRI Menanam juga nantinya akan terus dilanjutkan dengan kegiatan pengawasan dan pemeliharaan, Pohon-pohon yang telah ditanam nantinya akan terus diawasi perkembangannya dan pastinya akan ada kegiatan lain terkait BRI Menanam yang menyesuaikan dengan situasi dan perkembangan di desa Batuan. 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image